KEJAHATAN DI DUNIA DIGITAL
A. Keamanan Data dan Informasi
Evolusi Peretasan: Istilah "peretasan" awalnya memiliki konotasi positif, merujuk pada keahlian dan kreativitas dalam pemrograman. Namun, seiring waktu, konotasi negatif muncul, mengaitkannya dengan kejahatan dan aktivitas merusak.
-
Era Peretasan 1 (1960-an - 1970-an): Pada era ini, peretas adalah programmer kreatif yang sangat memahami teknik komputasi. Mereka mengembangkan program, permainan, dan sistem operasi. Aktivitas mereka didorong oleh rasa ingin tahu, tantangan, dan keinginan untuk menjelajahi sistem. Mereka umumnya tidak berniat melakukan kejahatan atau kerusakan.
-
Definisi Peretas di Era 1: Peretas pada era ini digambarkan sebagai orang yang menikmati penjelajahan sistem secara rinci untuk mengembangkan kemampuan mereka, dan mereka yang memprogram dengan antusias. Mereka berusaha mengeksploitasi batasan-batasan teknis, keamanan, hukum, dan keterampilan.
-
Contoh Peretasan Positif di Era 1:*
- Penggemar Nintendo Wii yang memprogram ulang pengontrol jarak jauh.
- Penemuan celah keamanan pada iPhone yang mendorong Apple untuk memperbaikinya.
- "Hack-a-thons" sebagai ajang untuk mengembangkan inovasi perangkat lunak dan keras.
Kesimpulan: Era peretasan pertama ditandai dengan konotasi positif, di mana peretas adalah programmer kreatif yang berkontribusi pada perkembangan teknologi. Mereka tidak memiliki niat jahat dan didorong oleh semangat untuk belajar dan berinovasi.
Komentar
Posting Komentar